Catatan iseng

“The Sister site”

Paypal di Indonesia

Posted by thiec pada 2 Juni 2007

Bagi yang bergelut di dunia online, tidak akan asing dengan alat pembayaran elektronik satu ini. Ya.. Paypal seperti halnya e-gold termasuk salah satu alat pembayaran online yang paling populer dewasa ini apalagi setelah diakuisisi oleh ebay, sebuah situs lelang terbesar di internet.

Paypal diciptakan oleh Confinity tahun 1998, dan merger dengan x.com di tahun 2000. eBay membeli Paypal pada bulan Oktober tahun 2002 seharga 1.5 Milyar dollar (wow… ) setelah melihat kepopuleran paypal saat itu. Saat ini Paypal memiliki lebih dari 133 Juta account dan menerima 17 mata uang (sayangnya Rupiah belom masuk :P) dan beroperasi di 13 Negara.

Paypal terdiri atas 3 type account Personal, Premier dan Business account, namun dari 3 type tersebut terbagi menjadi 2 kelompok. Personal adalah kelompok pertama yang tidak menerima Kartu Kredit/Debit sedangkan Premier dan Business adalah kelompok kedua yang menerima Kartu Kredit/Debit.

“PayPal Verified”, Status ini diberikan setelah anda menvalidasi Kartu Kredit and dikenakan biaya $1.95, yang dibebankan pada Kartu Kredit tersebut. Kode validasi dapat dilihat pada statement tagihan. Namun, biaya tersebut akan direfund kembali (ditambahkan) saat anda mengirimkan uang ke paypal. Apa gunanya? Dengan status ini, kita membuka akses pengiriman menjadi unlimited, karena tanpa status tersebut, jumlah pengiriman akan dibatasi.

Sejak Oktober 2006, Paypal menerima Indonesia sebagai salah satu negara yang bisa mengunakan namun sampai saat ini, hanya sebatas mengirimkan uang. Yap.., Pengguna Indonesia hanya bisa mengunakan paypal untuk belanja atau kirim ke user lain dan tidak bisa mencairkan (Withdraw) ke Bank Account atau Kartu Kredit kita.

Menurut M.Choirul Amri, apabila kita mengupdate account kita ke type Business, kita dapat menerima uang dengan memanfaatkan fasilitas Merchant tool. Caranya adalah Masuk ke “Merchant Tool” dan buat payment link dan set up code tersebut di website.

Cara yang populer saat ini adalah memiliki Bank Account di US.  Dengan cara ini, kita tetap bisa menarik dana ke bank account kita di US. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan Bank account untuk keperluan lain seperti pencairan cek GA, 2CO, Clickbank dll. Lalu bagaimana caranya?… Tunggu post saya berikutnya…😀

Selamat memakai paypal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: